Syarat Bagi Orang Yang Melaksanakan Haji
DASAR ISLAM, HAJI

Syarat Bagi Orang Yang Melaksanakan Haji Untuk Orang Lain

Alomuslim.com – Bagi orang yang hendak melaksanakan haji untuk orang lain hendaknya dia terlebih dahulu melakukan haji untuk dirinya sendiri, yaitu haji wajib sebagai seorang muslim. Ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi orang yang melaksanakan haji untuk orang lain. Pendapat ini diambil oleh ulama madzhab Syafi’i, Hanbali dan sebagian besar ahli ilmu.

Hal ini juga dikatakan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu dan tidak diketahui dari kalangan sahabat yang menyangkalnya. Pendapat ini berdasarkan hadits Ibnu Abbas, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam mendengar seseorang mengucapkan, ‘Labbaik an syubrumah’ (aku berniat haji untuk Syubrumah). Kemudian beliau bertanya, ‘Siapakah Syubrumah?’ orang itu menjawab, ‘Dia adalah saudaraku.’

Beliau bertanya lagi, ‘Apakah kamu sudah melaksanakan haji untuk dirimu sendiri?’ Dia menjawab, ‘Belum.’ Maka Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ‘Lakukanlah haji untuk dirimu sendiri terlebih dahulu, kemudian lakukanlah untuk Syubrumah.’ Namun riwayat ini masih diperselisihkan keshahihannya.

Sementara imam Abu Hanifah dan imam Malik berpendapat bahwa haji yang dilakukan untuk orang lain dianggap sah sekalipun dia sendiri belum melaksanakan haji untuk dirinya sendiri.

Maka dalam hal ini sebaiknya seseorang yang hendak melaksanakan haji untuk orang lain, dia melaksanakan haji untuk dirinya sendiri terlebih dahulu, agar terbebas dari perselisihan. Dan pendapat ini juga merupakan perkataan dari seorang sahabat, sehingga kaidahnya perkataan seorang sahabat lebih di dahulukan dari perkataan ulama. Wallahu ‘alam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *