Tanda Dekatnya Hari Kiamat

tanda dekatnya hari kiamat

Diutusnya Nabi Merupakan Salah Satu Tanda Dekatnya Hari Kiamat – Beberapa waktu belakang seringkali para da’i menyampaikan dan mengingatkan perihal tanda-tanda akhir zaman. Tanda-tanda akhir zaman merupakan sebuah masa berupa rentetan kejadian sampai mendekati terjadinya hari kiamat.

Ini bukanlah sebuah kisah akhir kehidupan manusia, seperti yang pernah diprediksi oleh sebagian orang akan terjadi pada akhir tahun 2012. Kemudian orang-orang tersebut membuatkan sebuah film layar lebar, untuk menggambarkan peristiwa yang akan terjadi diakhir zaman tersebut. Sungguh hal itu amat jauh dari kebenaran, karena tidak berdasarkan dalil dari Al Qur’an dan Hadits.

Kalau saja kita mau mengkaji tentang rangkaian peristiwa akhir zaman hingga tibanya hari Kiamat, dengan berlandaskan pada Al Qur’an dan Hadits, niscaya kita akan terhindar dari kesalahan dalam memahami peristiwa tersebut.

Telah banyak tanda-tanda yang digambarkan oleh baginda Nabi  tentang peristiwa-peristiwa yang akan mewarnai akhir zaman tersebut. Bahkan sebagiannya telah terjadi pada masa baginda Nabi  masih hidup. Berbagai peristiwa yang digambarkan sebagai tanda akhir zaman, baik yang telah terjadi maupun yang belum terjadi, menjadi bukti kenabian sekaligus ujian keimanan kepada umatnya.

Beberapa Tanda Dekatnya Hari Kiamat

Peristiwa yang paling pertama kali terjadi diantara tanda-tanda hari Kiamat adalah diutusnya baginda Nabi  sebagai seorang Rasul yang sekaligus menutup segala risalah para Rasul sebelumnya. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Anas bin Malik radhiallahu anhu, ia menceritakan bahwa Rasulullah  bersabda :

“(jarak) antara aku diutus dengan hari Kiamat adalah seperti ini. Anas radhiallahu anhu berkata : Rasulullah menggabungkan antara jari telunjuk dengan jari tengah.” (HR. Bukhari no. 6504, Muslim no. 2951)

Dalam riwayat yang lain terdapat tambahan :

“..Dan hampir saja hari Kiamat itu mendahuluiku.” (HR. Ahmad no. 18797)

Hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik radhiallahu anhu tersebut sangatlah jelas menunjukkan bahwa diutusnya Rasulullah merupakan tanda Kiamat yang pertama kali terjadi. Risalah yang beliau  bawa merupakan risalah yang paling akhir, umatnya merupakan umat akhir zaman, sehingga diutusnya beliau  merupakan sebagai tanda telah dekatnya hari Kiamat. Para ulama menjelaskan mengenai makna isyarat dua jari yang disampaikan dalam hadits tersebut, diantaranya :

1. Saling Berdekatan

Maksudnya, antara diutusnya Nabi  dengan hari Kiamat tiba sangatlah dekat. Sehingga tidak ada Nabi lain yang akan diutus untuk membawa risalah baru sesudah beliau  wafat. Sementara peristiwa turunnya Nabi Isa ‘Alaihissalam pada akhir zaman-pun tidak dalam rangka menyampaikan risalah baru, tetapi Nabi Isa akan mengikuti dan membenarkan risalah Islam yang dibawa oleh Rasulullah .

2. Jaraknya Mirip Antara Perbedaan Panjang Telunjuk dengan Jari Tengah

Artinya, sejarah manusia dapat digambarkan dengan panjang jari telunjuk, sedangkan perbedaan panjang dengan jari tengah menunjukkan batas tersisa bagi kehidupan manusia akhir zaman yang dimulai dari diutusnya baginda Nabi .

Kedua pendapat ini dikuatkan dengan kalimat yang terdapat dalam tambahan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, : “..Dan hampir saja Kiamat itu mendahuluiku.” Ibnu Hajar rahimahullahu meriwayatkan dari Al Qurthubi rahimahullahu, ;

“Kesimpulan hadits tersebut menunjukkan hari kiamat sudah dekat dan akan segera datang. Redaksinya memberikan pengertian bahwa hari Kiamat sudah dekat dan tanda-tandanya akan terus berdatangan..”

Hikmah utama dari perkara ini adalah untuk menyadarkan manusia dari kelalaian yang mereka lakukan, sekaligus untuk memotivasi untuk segera bertaubat dan kembali kepada agama Allah. Wallahu Ta’ala ‘Alam Bishawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *