Tanda Hari Kiamat : Istri Membantu Suami Dalam Urusan Dagang – Alomuslim

Tanda Hari Kiamat : Istri Membantu Suami Dalam Urusan Dagang

tanda hari kiamat

Alomuslim.com – Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Di antara tanda-tanda hari Kiamat adalah pengucapan salam kepada orang-orang tertentu, maraknya aktivitas perdagangan, hingga isteri sibuk membantu suaminya dalam urusan dagang, dan putusnya ikatan silaturahmi.” (HR. Ahmad no. 3896, Al Hakim no. 7043)

  • Dalam redaksi hadits diatas disebutkan kalau salah satu tanda hari Kiamat adalah isteri yang sibuk membantu suaminya dalam urusan dagang. Dalam hal ini setidaknya mengandung dua interpretasi seperti berikut ini :

Hadits diatas secara jelas mengisyaratkan bahwa seorang isteri akan membantu suaminya dalam menjalankan roda perdagangan miliknya. Peristiwa ini sebelumnya belum pernah terjadi pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan juga beberapa generasi sesudahnya. Sehingga dengan disebutkannya fenomena ini sebagai tanda-tanda hari Kiamat, maka hal tersebut menunjukkan bahwa perilaku umat Islam ketika itu telah jauh menyimpang dari apa yang dicontohkan oleh generasi awalnya.

Karena ketika fenomena tersebut terjadi, para wanita sudah tidak lagi menghiraukan segala ketentuan syariat terlebih lagi mengenai kehormatan dan rasa malunya. Fenomena ini juga menunjukkan keserakahan manusia diakhir zaman terhadap harta, sampai-sampai para suami rela mengorbankan harga diri isterinya untuk dipamerkan dan dipandangi oleh laki-laki yang tidak halal baginya.

  • Hadist tersebut juga mengindikasikan sebuah fenomena akan adanya para isteri yang melarikan diri dari tugas pokoknya untuk mengurusi rumah tangga dan anak-anaknya. Mereka malah turut menceburkan diri dalam urusan mencari nafkah yang mana hal tersebut merupakan tanggung jawab suami, meskipun dalam hal ini dia membantu suaminya.

Bukankah hal ini sudah bisa disaksikan pada masa kita hidup sekarang ini? Betapa banyak kini para wanita menjajakan dagangan di pinggir jalan, dipertokoan maupun di pusat perbelanjaan. Maka berhati-hatilah. Sungguh telah nyata petunjuk dari Allah dan Rasul-Nya.

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *