Tata Cara Dalam Bertayamum

Tata Cara Dalam Bertayamum

Alomuslim.com – Tata Cara Dalam Bertayamum, Para ulama berbeda pendapat mengenai perkara tayamum yang benar, setidaknya terdapat dua kelompok dalam perkara ini, diantara pendapat tersebut adalah :

  • Pendapat Pertama, tayamum dilakukan dengan menempukkan kedua tangannya atas debu dengan satu tepukan kemudian meniup keduanya, lalu mengusapkan dengan keduanya pada wajah dan kedua telapak tangannya (hingga pergelangan tangannya).

Ulama yang mengambil pendapat ini adalah dari kalangan madzhab Hanbali, Ibnu Hazm, sekelompok ulama terdahulu dan Ibnu Taimiyah. Dan inilah pendapat yang shahih. Dalil atas pendapat ini yakni, Hadits Ammar bin Yasir dan disebutkan didalamnya, “Sesungguhnya cukuplah bagimu begini.” Dan Nabi shallallahu alaihi wa sallam menepukkan kedua telapak tangannya ke tanah, lalu meniupnya, kemudian mengusap wajah dan kedua tangan dengan keduanya. (HR. Bukhari 338, Muslim 798)

  • Pendapat Kedua, tayamum itu dilakukan dengan dua kali tepukan, satu tepukan ntuk wajah dan satu tepukan lagi untuk kedua tangannya hingga siku.

Ini merupakan pendapat madzhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, Ats-Tsauri dan Al-Laits. Pendapat ini diriwayatkan dari Ibnu Umar, Asy-Sya’bi dan Hasan Al Bashri. Hanya saja beberapa dalil yang jadikan dalil tergolong hadits dha’if. Salah satunya.

Hadits Ibnu Umar radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda :

“Tayamum itu dua kali tepukan, satu tepukan untuk wajah dan satu tepukan lagi untuk kedua tangan sampai kedua siku.” (dha’if. HR. Abu Daud 1/88, Al-Baihaqi 1/206) 

Maka pendapat yang lebih kuat adalah pendapat yang pertama, karena telah datang hadits yang shahih dari Rasulullah shallallah alaihi wa sallam.

Wallahu a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
hemat air ketika berwudhu
Read More

Hemat Air Ketika Berwudhu

Hemat Air Ketika Berwudhu – Wudhu merupakan perkara yang disyariatkan agama. Mempelajari wudhu merupakan sesuatu yang sangat penting, karena…
hadits tentang akhlak
Read More

Hadits Tentang Akhlak

Terdapat sangat banyak hadits tentang akhlak yang menyebutkan dan memerintahkan kepada umat muslim untuk memperbaiki akhlak serta yang…