Telitilah Dalam Mengamati Anggota Keluarga
DASAR ISLAM, KELUARGA

Telitilah Dalam Mengamati Anggota Keluarga

Alomuslim.com – Suami sebagai seorang pemimpin dalam keluarga harus memberikan perhatian lebih terhadap anggota keluarganya yang dipimpin. Karena ia akan dimintakan pertanggungjawaban atas apa yang ia pimpin.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi was sallam :

“Sesungghnya Allah akan meminta pertanggungjawaban kepada setiap pemimpin atas apa yang dipimpinnya, apakah ia menjaganya atau melalaikannya, sehingga seorang laki-laki ditanya tentang anggota keluarganya” (hasan. HR. An Nasa’i no. 292, Ibnu Hibban no. 1775)

Suami sebagai seorang pemimpin sebaiknya mengawasi dan mengamati segala hal kepada anggota keluarganya. Seperti misalnya, dengan siapa anaknya main, kemana anak gadisnya pergi dan dengan siapa, aplikasi apa yang ada di telepon genggamnya, dan banyak lainnya.

Jangan pernah menyerahkan urusan anak seluruhnya dalam pengasuhan pembantu. Karena bisa saja seorang pembantu akan lalai atau membiarkan anak melakukan yang ia kehendaki semaunya.

Tetapi, sebaiknya pengawasan yang dilakukan tidak untuk menakut-nakuti atau yang bisa membuat anak merasa tidak dipercaya oleh orang tua. Cukuplah dilakukan dengan diam-diam. Jangan sampai melepaskan kendali atas anak hanya karena mencintainya dan takut dibenci anak, kemudian beralasan, ‘Saya mencintainya, biar ia melakukan apapun yang ia kerjakan’ 

Atau dengan alasan yang sangat miris untuk di dengar, dan ini yang seringkali di dengar, ‘Biarkanlah anak kita menikmati masa remajanya seperti yang mereka kehendaki dan ia akan belajar menjadi dewasa karena pengalamannya tersebut’. 

Bayangkan anda sebagai seorang pemimpin keluarga, pada hari Kiamat kelak ketika dimintai pertanggung jawaban atas pembiaran anak anda melakukan maksiat, apakah anda akan berkata seperti itu juga di hadapan Allah??

Referensi : 40 Nasihat Memperbaiki Rumah Tangga, Syaikh Dr. Muhammad bin Shalih al-Munajjid (Darul Haq : 2014)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *