Tidak Boleh Shalat Menghadap Kubur
DASAR ISLAM, SHALAT

Tidak Boleh Shalat Menghadap Kubur

Alomuslim.com – Dasar dari pelarangan shalat menghadap kubur adalah berdasarkan hadits yang diriwayatan dari Abu Martsad al-Ghanawi, Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda :

“ Janganlah kalian duduk diatas kubur, dan jangan pula kalian shalat menghadap ke kubur.” (HR. Muslim 3/62, Abu Dawud 1/71 dan lainnya)

Dan terdapat beberapa riwayat yang semakna dengan hadits tersebut. Adapun maksud dari larangan shalat menghadap kubur adalah menjadikan kubur tepat berada di arah kiblat ketika shalat. Larangan ini dikarenakan kekhawatiran mengandung penghormatan yang berlebihan atau malah menjadikan kubur dan penghuninya sebagai sembahan dalam suatu peribadatan.

Dengan perbuatan seperti itu, dapat menjadikan seseorang melakukan dua larangan sekaligus, yaitu larangan menganggap remeh peribadatan dalam pengagungan kepada Allah tetapi disertai dengan pengagungan kepada selain Allah.

Imam An Nawawi berkata, ‘Demikianlah pula pendapat para ulama Syafi’iyah. Bahkan bukan kekeliruan jika perbuatan itu dianggap sebagai sesuatu yang diharamkan -sesuai dengan lafadz hadits-. Dari hadits tersebut dapat dipahami larangan shalat di kuburan yang menunjukkan shalat ditempat tersebut makhruh karahah tahrim (larangan yang pasti keharamannya).’

Sementara itu imam Asy Syafi’i dalam kitabnya, al-Umm, mengatakan, ‘Saya tidak menyukai di atas kuburan dibangun sebuah masjid, atau meratakan kubur dengan tanah dan mengerjakan shalat di atas kubur yang tidak diratakan dengan tanah, atau shalat menghadap kea rah kubur.’

Demikianlah beberapa dalil dari hadits Rasulullah shallallahu alaihi was sallam  dan juga pendapat para ulama yang menyatakan larangan atau pengharaman shalat menghadap ke kubur.

Wallahu a’lam.

Referensi : Sifat Shalat Nabi Shallallahu Alaihi Was Sallam, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani (Griya Ilmu : 2016)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *