5 Tips Hidup Sehat ala Rasulullah Pasti Aman Dunia Akhirat – Alomuslim

5 Tips Hidup Sehat ala Rasulullah Pasti Aman Dunia Akhirat

tips hidup sehat ala rasulullah

Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah – Apapun dan siapapun yang ada di dunia ini tak mungkin akan ada yang pantas kita idolakan, selain hanya Rasulullah SAW seorang. Beliaulah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna akhlaknya. Bahkan hingga membuat Allah SWT kagum dengan Rasulullah SAW dan memuji makhluk-Nya tersebut, yang notabene adalah ciptaan-Nya sendiri.

Banyak sekali pujian dari Allah SWT untuk Nabi SAW. Allah SWT memuji akalnya, memuji penglihatannya, memuji lisannya, memuji hatinya, memuji dadanya, memuji lemah lembut perangainya, memuji keutamaannya, memuji keseluruhannya. Bahkan sampai Allah SWT  menjunjung tinggi sebutan untuknya serta bersumpah atas kehidupannya. Seperti yang bisa kita ketahui bersama di Al-Qur’an surat Asy-Syarh ayat 4 dan surat Al-Hijr ayat 72. Dalam surat tersebut Allah SWT berfirman,

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

“Dan Kami Tinggikan sebutan (nama) mu bagimu.” (QS. Asy-Syarh:4)

لَعَمْرُكَ إِنَّهُمْ لَفِي سَكْرَتِهِمْ يَعْمَهُونَ

(Allah Berfirman), “Demi umurmu (Muhammad), sungguh, mereka terombang-ambing dalam kemabukan (kesesatan).” (QS. Al-Hijr:72)

Kalau Allah SWT saja sampai memuji keutamaan serta keseluruhan dari hidup Rasulullah SAW, lalu alasan apalagi yang bisa mengendorkan niat kita untuk menauladani sikap-sikap dari beliau, Rasulullah SAW. Segala sesuatu yang ada pada diri Rasulullah SAW adalah contoh yang baik untuk kita jalankan. Tak terkecuali dengan pola hidup beliau yang mengajarkan tentang berbagai macam ilmu dalam menjalani kehidupan di dunia maupun persiapan di akhirat.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzab, yang artinya :

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al-Ahzab:21)

Semua ajaran Rasulullah SAW adalah keutamaan yang tak terhingga faedahnya jika benar-benar dijalankan dengan baik dan sebagaimana mestinya, bahkan yang paling sederhana sekalipun. Salah satu contohnya adalah tips hidup sehat ala Rasulullah SAW. Jangan salah sangka, walaupun beliau tidak berprofesi sebagai dokter, tapi dengan berpegang teguh kitab suci Al-Qur’an dan memahami seluruh maknanya, beliau dengan mudah bisa memiliki ilmu-ilmu di bidang kesehatan. Buktinya? Rasulullah SAW semasa hidupnya hanya 2 kali saja jatuh sakit, itupun yang pertama karena perbuatan seorang penyihir Yahudi dan yang kedua ketika beliau sudah dekat dengan akhir hidupnya.

Lalu, apa rahasia Rasulullah SAW, hingga beliau memiliki tubuh yang begitu kuat dan terhindar dari segala macam penyakit? Lakukan tips sehat ala Rasulullah SAW di bawah ini!

Tips Sehat Ala Rasulullah SAW

1. Makan dan Minum yang Halal

tips hidup sehat ala rasulullah makanan dan minuman
Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Inilah yang utama dan selalu harus di nomor satukan. Karena semewah apapun makanan yang kamu makan, semahal apapun air yang kamu minum jika makanan dan minuman tersebut termasuk yang diharamkan oleh Allah SWT, mustahil diri kita akan terhindar dari penyakit. Selain itu makanan haram baik dari benda maupun cara memperolehnya akan banyak membawa dampak negatif bagi diri seseorang. Mulai dari tergerusnya iman, do’a yang tak dikabulkan, hingga ancaman siksa api neraka.

Baca Juga : Buah-buahan Yang Dimakan Rasulullah Semasa Hidupnya

Rasulullah SAW sendiri sangat menjaga dirinya agar tidak terjebak dalam satu perkara yang haram, terutama makanan. Rasulullah SAW memiliki satu kebiasaan ketika beliau baru bangun di pagi hari, yakni meminum segelas air dengan ditambahkan madu secukupnya. Seperti yang kita tahu, madu adalah salah satu bahan alam yang banyak mengandung manfaat. Beberapa manfaat dari madu adalah menjaga imunitas, menambah energi, serta dapat  membersihkan organ pencernaan seperti lambung.

Dari Ummul Mu’minin Aisyah r.a, beliau berkata :”Minuman yang paling disukai Rasulullah saw adalah minuman manis yang dingin.” (HR. Tirmidzi)

2. Makan Secukupnya

Sikap yang berlebihan sangatlah tidak baik, begitu juga ketika kita sedang makan ataupun mimun. Rasulullah sendiri sangat tidak menyukai sikap yang berlebihan ketika makan. Dalam sebuah hadits beliau Nabi SAW bersabda :”Tidaklah seorang anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk daripada perut. Cukuplah bagi anak Adam untuk makan beberapa suap demi menegakkan punggungya. Namun, jika ia harus (melebihkan), hendaknya sepertiga untuk makanan, sepertiga bagi minuman, sepertiganya lagi untuk bernafas.” (HR. At Tirmidzi)

3. Bergegas Tidur dan Bangun Lebih Awal

tips hidup sehat ala rasulullah bergegas tidur

Rasulullah SAW selalu menyegerakan untuk tidur ketika lepas waktu isya’, dan beliau bangun di sepertiga malam untuk menjalankan ibadah shalat sunnah dan berdzikir mneyebut asma Allah SWT. Tentunya untuk masalah ini tidaklah kaku, namun menyesuaikan dengan jadwal yang harus kita lakukan, jika itu memang benar-benar tanggung jawab yang tidak bisa ditinggalkan, mencari nafkah halal untuk keluarga misalnya.

Yang terpenting kita bisa mengatur waktu dan membuat jadwal secara seimbang, karena yang harus diingat adalah badan seorang anak manusia juga memiliki hak yang harus dipenuhi yaitu hak istirahat. Rasulullah SAW sendiripun juga pernah suatu kondisi tidak bergegas tidur selepas isya’, karena memang beliau harus melaksanakan tugas yang benar-benar penting.

4. Rajin Puasa

tips hidup sehat ala rasulullah puasa

Puasa termasuk salah satu tips sehat ala Rasulullah SAW yang paling ampuh. Selain untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, manfaat puasa juga akan bisa menjaga keseimbangan tubuh kita. Namun, puasa yang dimaksud disini adalah puasa wajib dan sunnah seperti apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, dan tidak mendzolimi diri sendiri itu yang terpenting.

Baca Juga : Hikmah Puasa Bagi Kehidupan Manusia

Bahkan, para ahli di bidang kesehatan pun telah membuktikan sendiri adanya manfaat puasa bagi kesehatan yang selama ini jarang sekali diketahui. Beberapa diantaranya adalah mencegah hipertensi, mengobati asma dan memberishkan saluran pernafasan, mengatasi penyakit hati, megobati penyakit kulit, mencegah penyakit paru-paru, mencegah kanker, hingg diabetes.

5. Sholat

tips hidup sehat ala rasulullah shalat

Sholat adalah satu kewajiban umat muslim yang tak boleh ditinggalkan. Bahkan diambarkan bahwa seseorang yang mengerjakan sholat, berarti ia juga telah menegakkan agamanya. Begitu utamanya sholat, amal yang pertama kali akan dihisab oleh Allah SWT di akhirat juga sholat. Tapi, tak hanya itu saja, salah satu bukti nyata dari keutamaan sholat adalah khasiatnya yang sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia.

Pada tiap-tiap gerakan sholat dapat membuat fisik seseorang menjadi lebih sehat dan tercegah dari serangan penyakit. Saat takbiratul ikram hingga salam, semua gerakan yang dilakukan seorang muslim ketika sholat akan membuat reaksi secara langsung terhadap otot, persendian dan syaraf. Hingga secara tak langsung, aliran darah yang mungkin ada yang terhambat akan bisa kembali lancar, jika tubuh dgunakan untuk sholat, minimal 5 kali dalam sehari.

Subhanallah!! Itulah tadi tips kesehatan ala Rasulullah SAW. Jika kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya kebahagian di akhirat saja yang akan kita dapatkan. Bahkan nikmat yang nyata akan langsung bisa kita rasakan ketika masih hidup di dunia.

Sekian sajian artikel terbaru dari kami 5 Tips Sehat ala Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat bagi semua sobat pembaca Alomuslim, dimanapun berada!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *