Dosa Yang Tak Disengaja Tsalabah Bin Abdurrahman Pelayan Setiap Rasulullah

Tsalabah Bin Abdurrahman

Dosa Yang Tak Disengaja Tsalabah Bin Abdurrahman Pelayan Setiap Rasulullah – Tsalabah bin Abdurrahman adalah seorang pemuda anshar yang saleh, Tsalabah adalah pelayan setia Rasulullah dia seorang yang sigap dan cekatan dalam melayani Rasulullah.

Saat itu Tsalabah mendapatkan tugas dari Rasulullah dan ia pun dengan cepat mengerjakan perintah Rasulullah, ditengah perjalanan Tsalabah melewati rumah seorang Anshar, pintu rumah tersebut terbuka dan ketika Tsalabah memandang kedalam rumah tersebut ia melihat seorang wanita yang sedang mandi.

Tsalabah merasa sangat ketakutan yang amat sangat. Dia takut Allah SWT akan menurunkan wahyu berkaitan kejadian yang menimpanya. lalu Tsalabah pun lari kesebuah bukit dia terus bersembunyi di sana sambil bertobat dan menyesali dosanya.

Rasulullah mencari cari tsalabah beliau menjadi sangat khawatir, beliau pun bertanya tanya kepada para sahabat, kemudian datanglah JIbril memberitahu rasul “Wahai Muhammad, sesungguhnya Allah menyampaikan salam kepadamu dan Allah juga berfirman padaku, “Sesungguhnya seorang laki laki dari umatmu berada di gunung ini dan sedang memohon perlindungan kepada-Ku””

Setelah mendengar penjelasan dari Malaikat Jibril maka Rasulullah pun memerintah sahabat lainnya, “Wahai Umar dan Salman bawalah Tsalabah kepada ku”

Umar dan salman pergi menyusuri perbukitan disekitar Madinah di tengah jalan mereka bertemu dengan penggembala bernama Dzufafah, mereka bertanya padanya dan dia pun menjelaskan keadaan Tsalabah “Setiap malam ia keluar ditempat lapang, kedua tangannya diletakkan diatas kepalanya dan berkata “Ya Allah kenapa tidak kau cabut saja nyawaku, hukumlah aku dan jangan biarkan aku menunggu keputusanMu”

Dzufafah mengantar Umar dan salman ke bukit tempat Tsalabah bersembunyi, mereka menunggu Tsalabah keluar dan meratap. Melihat Tsalabah umar langsung berlari dan mendekap Tsalabah. “Apakah Rasulullah sudah mengetahui dosaku?” kepada umar. namun umar tidak memberi penjelasan apapun pada Tsalabah

Tsalabah menolak ia merasa tak sanggup bertemu Rasulullah kecuali saat rasulullah sedang sholat. mereka pun menemui Rasulullah yang sedang sholat dan mengikuti rasul sholat, ketika Tsalabah mendengar bacaan sholat Rasulullah seketika ia pun pingsan.

Rasulullah menggoyang goyangkan tubuh Tsalabah, ketika Tsalabah sadar Rasulullah pun bertanya “Mengapa engkau lari dariku Tsalabah?” “Karena Dosaku ya Rasulullah”  Rasul membacakan surat Al Baqarah ayat 201 “Robbana atina fiduunnia hasanah wafil aakhirati hasanah waqina adzabannaar”

Setelahnya Tsalabah pun pulang ke rumahnya, tak lama kemudian Tsalabah jatuh sakit, hampir delapan hari ia berbaring dirumahnya, ketika Rasulullah datang menjenguk Tsalabah mengutarakan keinginannya “Ya Rasulullah mohonkanlah ampunan dari Allah SWT. Maka datanglah Jibril dan berkata “Wahai Muhammad, Sesungguhnya Alla SWT mengucap salam untukmu dan berfirman kepadamu. “Kalau saja hamba-Ku ini menemui Aku dengan membawa sepenuh bumi kesalahan, niscaya Aku akan menemuinya dengan ampunan sepenuh itu pula”

Rasulullah menyampaikan apa yang disampaikan oleh Jibril, mendengarnya Tsalabah berteriak girang dan langsung meninggal. Rasulullah menyuruh para sahabat untuk segera memandikan dan mengkafani jenazah Tsalabah.

Setelah acara pemakaman, Rasulullah nampak menjauh dengan berjalan berjingkat jingkat, para sahabat yang melihatnya merasa heran “Wahai Rasulullah, kenapa engkau terlihat berjalan berjingkat jingkat?” “Apakah kalian tahu, pemakaman tadi penuh dengan malaikat yang melayat Tsalabah” dan para sahabat serentak bertasbih

Setitik kesalahan yang dia perbuat tanpa sengaja teramat membebani tsalabah sampai ia jatuh sakit dan meninggal. Tsalabah memiliki keimanan yang tulus.

Sumber

3 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like