tujuh doa sebelum tidur
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Amalkanlah Tujuh Doa Sebelum Tidur Berikut Ini

Alomuslim.com –  Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah mengajarkan dan mencontohkan perihal sunnah sebelum tidur serta beberapa doa dan juga dzikir yang menyertainya. Alangkah baiknya apabila kita dapat mengamalkannya, karena setiap dari kita pasti tidak mungkin lepas dari tidur.

Sehingga apabila kita dapat mengamalkan doa sebelum tidur ini, sungguh hal itu merupakan kebaikan yang banyak. Selain semakin mendekatkan diri kepada Allah, kita juga akan mendapatkan keutamaan dari sunnah-sunnah yang diamalkan.

Berikut beberapa do’a yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan beberapa keutamaannya :

1. Membaca Tiga Surat ; Al Ikhlash, Al Falaq dan An Nas

Rasulullah ﷺmengumpulkan dua telapak tangan. Lalu ditiup dan dibacakan : Qul Huwallahu Ahad(Surat Al Ikhlash), Qul A’udzu bi Rabbil Falaq(Surat Al Falaq), dan Qul A’udzu bi Rabbin Nas(Surat An Nas). Kemudian dengan dua telapak tangan itu mengusap tubuh yang bisa dijangkau dengannya. Dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan sebanyak tiga kali. (HR. Bukhari no. 5017, Abu Dawud no. 5056, at-Tirmidzi no. 3402, Ahmad VI/116, An Nasa’i no. 793)

2. Membaca Ayat Qursi

Yakni surat Al Baqarah ayat 255, ‘Barangsiapa membacanya ketika akan tidur, maka ia senantiasa dijaga (dilindungi) oleh Allah dan tidak akan di dekati oleh syaithan sampai subuh.” (HR. Bukhari no. 2311)

3. Membaca Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Amalan ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari sahabat Abu Mas’ud radhiallahu ‘anhu, ia mengatakan Nabi bersabda,

“Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir dari Surat Al Baqarah pada malam hari, maka dua ayat tersebut telah mencukupinya.” (HR. Bukhari no. 5051, Muslim no. 807, 808)

4. Berwudhu, Kemudian Bacalah Doa Ini

Dari al-Bara bin Azib radhiallahu ‘anhu, ia menuturkan, Rasulullah bersabda kepadaku,

“Apabila engkau hendak tidur, berwudhulah dahulu sebagaimana wudhumu saat hendak shalat. Kemudian berbaringlah di atas bagian tubuh yang kanan, lalu bacalah :

Allahumma aslamtu nafsii ilaika, wa wajjahtu wajhii ilaika, wa fawadhtu amrii ilaika, wa alja’tu dzhohrii ilaika, roghbatan wa rohbatan ilaika, laa malja’a walaa manjaa minka illaa ilaika, aamantu bikitaabikal ladzii anzalta wa binabiyyikal ladzii arsalta.(Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan semua urusanku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku kepada-Mu, (yakni aku menyandarkan segala urusanku kepada-Mu). Karena aku mengharap dan takut kepada-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari ancaman-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada Kitab yang Engkau turunkan, dan juga Nabi yang Engkau utus.)

Apabila engkau mati pada malam itu, maka engkau mati diatas fitrah (islam). Dan jadikanlah kalimat itu sebagai kalimat terakhir yang engkau ucapkan.” (HR. Bukhari no. 247, 6311, Muslim no. 2710, dan yang lainnya)

5. Membaca Doa Sebelum Tidur

Adapun doa sebelum tidur yang diajarkan oleh Rasulullah yakni :

“Bismika allaahumma amuutu wa ahyaa. (dengan nama-Mu, ya Allah, aku mati dan aku hidup).” (HR. Bukhari no. 6312, 6324)

6. Membaca Surat As Sajdah dan Surat Al Mulk

Disebutkan juga bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam apabila hendak tidur, beliau membaca : Alif lam mim tanzil (Surat As Sajdah ayat 1 – 30) dan beliau juga membaca Tabarakalladzi biyadihil mulku (Surat Al Mulk ayat 1 – 30). (HR. Bukhari no. 1207, 1209, at-Tirmidzi no. 3404, dan yang lainnya)

7. Bacalah Doa Ini Ketika Terbangun Tengah Malam dan Ingin Tidur Kembali

Nabi bersabda :

“Apabila seseorang diantara kalian bangkit dari tempat tidurnya kemudian ingin kembali lagi, maka hendaknya dia mengibaskan ujung kainnya sebanyak 3 kali, dan menyebut nama Allah (membaca ‘Bismillah’), karena dia tidak tahu apa yang ditinggalkannya di atas tempat tidur setelah dia bangkit. Apabila dia ingin berbaring, maka hendaklah membaca :

Bismika robbii wa dho’tu janbii, wa bika arfa’uhu in amsakta nafsii far hamhaa, wa in arsaltahaa faahfadzhhaa bimaa tahfadzhu bihi ‘ibadakas sholihiin. (dengan nama-Mu wahai Rabb-ku, aku meletakkan lambungku (tidur). Dengan nama-Mu pula aku bangun darinya (tidur). Apabila Engkau mencabut nyawaku, maka berikanlah rahmat-Mu padanya. Dan apabila Engkau membiarkan aku tetap hidup, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara para hamba-Mu yang shalih).” (HR. Bukhari no. 6320, Muslim no. 2714, at-Tirmidzi no. 3401, an-Nasa’i no. 796)

Itulah beberapa doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang bisa diamalkan oleh setiap umat muslim apabila hendak tidur. Wallahu ‘alam.

Referensi :

  • Do’a & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syaf’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *