Wahai Kaum Muslimin, Tutupilah Aibmu Dan Aib Saudaramu !!

tutupilah aibmu

Wahai Kaum Muslimin, Tutupilah Aibmu Dan Aib Saudaramu !! – Era digital dianggap sebagai eranya keterbukaan. Kemudahan yang didapatkan oleh setiap orang dalam mengakses internet, membuat tidak ada sekat pembatas yang menutupi antara dirinya dengan masyarakat.

Kini dengan berbagai ragam aplikasi yang mudah diunggah melalui telepon seluler, setiap orang tidak ragu ataupun malu untuk memposting apapun tentang dirinya ke jejaring sosial untuk sekedar menunjukkan eksistensi, sehingga dalam hitungan detik, pengguna jejaring sosial di seluruh dunia sudah bisa mengetahui perihal apa yang terjadi terhadap dirinya.

Era digital dianggap sebagai eranya keterbukaan. Kemudahan yang didapatkan oleh setiap orang dalam mengakses internet, membuat tidak ada sekat pembatas yang menutupi antara dirinya dengan masyarakat. Kini dengan berbagai ragam aplikasi yang mudah diunggah melalui telepon seluler,

Setiap orang tidak ragu ataupun malu untuk memposting apapun tentang dirinya ke jejaring sosial untuk sekedar menunjukkan eksistensi, sehingga dalam hitungan detik, pengguna jejaring sosial di seluruh dunia sudah bisa mengetahui perihal apa yang terjadi terhadap dirinya.

Seandainya kaum muslimin mau menjaga diri dan menahan lisan mereka untuk tidak membicarakan aib saudaranya, tentu hal tersebut lebih baik serta lebih selamat atas diri mereka. Mereka akan terbebas dari siksa pedih yang telah Allah ﷻ siapkan, sebagaimana firman-Nya :

“Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar perbuatan yang sangat keji itu tersiar dikalangan orang-orang yang beriman, mereka mendapat azab yang pedih di dunia dan akhirat.” (QA. An Nur : 19)

Kebaikan di akhirat juga akan dirasakan oleh kaum muslimin yang menjaga dirinya untuk tidak menyebarkan aib saudara mereka, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi ﷺ beliau bersabda :“Tidaklah seorang hamba menutupi aib hamba yang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Wahai kaum muslimin, raihlah pertolongan Allah sebanyak-banyaknya dengan menutupi aib saudaramu dan juga aibmu. Karena sejatinya, tidak ada seorangpun semasa hidupnya di dunia yang terlepas dari perbuatan buruk, yang bisa jadi hal tersebut merupakan aib bagi dirinya. Maka tutupilah aibmu, berhenti mengunggah semua perihal tentang dirimu ke jejaring sosial. Ingatlah pesan baginda Nabi ﷺ berikut ini :

“Semua umatku akan diselamatkan, kecuali orang-orang yang berbuat dosa secara terang-terangan. Dan termasuk berbuat dosa secara terang-terangan adalah seseorang yang melakukan suatu perbuatan di malam hari, kemudian di pagi harinya, padahal Allah telah menutupi aibnya, namun dia berkata, ‘Hai Fulan, tadi malam aku telah melakukan begini dan begini.’ Tuhannya telah menutupinya sepanjang malam namun keesokan harinya dia malah menyingkap tabir Allah darinya.” (Muttafaq ‘Alaih)

Semoga Allah berikan kekuatan dan kemudahan pada kita untuk menjaga diri dari membuka aib sendiri maupun aib saudara kita.

Referensi : Riyadhus Shalihin, Imam An Nawawi (Darul Haq : 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *