Urgensi Nikah Muda

urgensi nikah muda

Urgensi Nikah Muda – Pernikahan merupakan sunnatullah agar kehidupan lebih bernilai, teratur dan terhormat. Dalam pernikahan terdapat hubungan batin yang hakiki, cinta sejati yang jujur, kebersamaan dan kasih sayang untuk memberntuk keluarga yang tulus. Menikah merupakan fitrah manusia, oleh karenanya ketika seseorang menunda-nunda pernikahan maka ia telah menyelisihi fitrah manusia itu sendiri.

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu anhu ia berkata, Rasulullah ﷺ telah bersabda kepada kami :

“Wahai para pemuda, barangsiapa diantara kalian mampu menikah maka menikahlah, karena hal itu akan lebih menundukkan pandangan dan lebih memelihara kehormatan, namun bagi yang tak mampu hendaknya ia berpuasa karena puasa itu bisa sebagai obat.” (HR. Bukhari No. 5065, Muslim No. 1400, At Tirmidzi No. 1081, an Nasa’i No. 2239, Ibnu Majah No. 1875 dan Ahmad No. 3592)

Baca Juga : Say No To Pacaran !!

Anjuran menikah muda termasuk prinsip dalam mendidik generasi islam karena menikah adalah benteng yang kokoh untuk memelihara para pemuda agar tidak terjebak dalam perbuatan keji.

Wahai saudaraku, remaja muslim!! Jangan takut untuk menikah di usia muda, karena rasa takut tersebut hanyalah dimiliki oleh para pengecut dan merupakan was-was yang dibisikan oleh syaithan agar kalian tercebur dalam gelimang kemaksiatan dan jauh dari kebahagian sejati yang akan kalian dapatkan di dunia dan akhirat apabila kalian kokoh berdiri diatas agama ini.

Referensi : Romantika Nikah Muda, Zainal Abidin bin Syamsudin, Lc (Pustaka Imam Bonjol : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *