Perhatikanlah Yang Terjadi Ketika Urusan Diserahkan Kepada Bukan Ahlinya

Urusan Diserahkan Kepada Bukan Ahlinya

Alomuslim.com – Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan sebuah hadits dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda :

“Jika amanah sudah disia-siakan maka tunggulah kedatangan hari kiamat.” Seorang badui Arab bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, ‘Bagaimanakan gambaran menyia-nyiakan amanah tersebut?’ Beliau menjawab, ‘Jika suatu perkara diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah saatnya (hari Kiamat tiba)’.” (HR. Bukhari no. 6496)

Sementara itu Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata ;

‘Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sebelum (kemunculan) Dajjal nanti terdapat tahun-tahun yang dipenuhi oleh banyak penipuan. Di dalamnya orang yang jujur disutakan sebaliknya tukang dusta dibenarkan, orang yang amanah dianggap berkhianat sebaliknya tukang khianat diberi amanah. Sementara pada saat itu golongan ruwaibidhah banyak yang angkat bicara.” Maka, ditanyakanlah kepada beliau, ‘Siapakah ruwaibidhah itu?’ Beliau menjawab, “Merekalah orang-orang fasik yang berbicara mengenai urusan umat.” (HR. Ahmad  no. 1303)

Hadits pertama menjelaskan sebuah pertanda yang dengan jelas disebutkan, kalau suatu perkara diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya maka tunggulah saatnya. Saatnya apa? Para ulama menafsirkannya dengan menunggu hari Kiamat. Ada juga yang menafsirkan, menunggu kehancuran atas segala urusan umat Islam, baik agama maupun pemerintahan negara.

Apa yang terjadi di masa sekarang ini sangat menguatkan kebenaran berita dari hadits tersebut. Pada hari ini kita bisa saksikan, tidak hanya di negara kita tetapi hampir di semua negara Islam, ketika umat menyerahkan urusannya, baik dalam urusan agama maupun pemerintahan, kepada orang-orang yang bukan ahlinya.

Hadits kedua juga menguatkan kebenaran hadits pertama, yang memberikan satu isyarat yang jelas terhadap fenomen penyerahan urusan kepada orang yang bukan ahlinya. Melalui hadits yang kedua ini kita bisa mengetahui, bahwa fenomena penyerahan urusan kepada orang yang bukan ahlinya memiliki kaitan dengan kemunculan Dajjal di muka bumi.

Mereka yang diserahkan urusan, sebagian besarnya adalah golongan orang fasik. Dimana mereka akan akan membolak-balikan fakta, membuat umat Islam bingung mensifati antara orang jujur dan pendusta. Sepak terjang mereka merupakan bagian dari prakondisi yang melapangkan hegemoni Dajjal di bumi, yang akan berujung pada kehancuran umat Islam. Inilah yang mendasari mengapa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sangat khawatir dengan keadaan umatnya.

Maka perhatikanlah pada siapa anda menyerahkan urusan agama dan kepemimpinan negara. Sungguh disana banyak orang-orang fasik yang senantiasa melancarkan fitnah untuk menjatuhkan orang-orang jujur dan amanah tetapi mengangkat para pendusta lagi khianat. Naudzubillah tsumma naudzubillah.

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *