Wahai Suami, Bantulah Anggota Keluarga Dalam Pekerjaan Rumah

Alomuslim.com – Banyak lelaki atau para suami yang enggan melakukan pekerjaan rumah, sebagian mereka berkeyakinan bahwa di antara yang menyebabkan berkurangnya kedudukan dan wibawa laki-laki atau suami di mata orang lain yaitu karena ikut membantu pekerjaan rumah, terutama untuk jenis pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh kaum wanita, atau bahkan untuk pekerjaan yang seharunya dikerjakan oleh kaum laki-laki. Seperti, mencuci, menjahit atau membersihkan lantai rumah dan lainnya.

Adapun Rasulullah shallallahu alaihi was sallam , apabila bajunya rusak maka beliau menjahit sendiri bajunya, apabila sandalnya rusak maka beliau menambal sandalnya sendiri dan melakukan beberapa pekerjaan lainnya yang biasa dilakukan oleh laki-laki di dalam rumah mereka.

Demikian yang dikatakan oleh istri beliau, Aisyah radhiallahu anha ketika ditanya apa yang dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi was sallam dalam rumahnya. Aisyah menjawab dengan apa yang dilihatnya sendiri, ia menyebutkan :

“Ia adalah manusia di antara sekalian manusia, membersihkan bajunya, memerah susu kambingnya, dan melayani dirinya.” (HR. Ahmad 6/256)

Dalam sebuah riwayat yang lainnya, Aisyah radhiallahu anha, menyebutkan :

“Beliau ada (Bersama) pekerjaan keluargnya, -maksudnya membantu keluarganya- dan apabila tiba (waktu) shalat, beliau keluar untuk shalat.” (HR. Bukhari)

Demikianlah Rasulullah shallallahu alaihi was sallam di dalam rumahnya, beliau merupakan contoh sempurna bagi para suami yang ada di seluruh dunia. Maka bila kita perhatikan perilaku para suami hari ini, sungguh jauh dengan apa yang telah dicontohkan dan ajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi was sallam.

Sebagian para suami di masa sekarang ini, terkadang meminta kepada istri mereka agar dihidangkan makanan dengan segera, padahal disaat itu lauknya belum selesai dimasak, kemudian anaknya yang masih kecil berteriak ingin disusui, tetapi sang suami tidak menyentuh anaknya itu, apalagi bersabar sedikit menunggu makanannya. Nadzubillah tsumma naudzubillah.

Sungguh persoalan rumah tangga dapat diselesaikan, apabila setiap anggota keluarga mau membantu setiap pekerjaan rumah yang ada.

Referensi : 40 Nasihat Memperbaiki Rumah Tangga, Syaikh Dr. Muhammad bin Shalih al-Munajjid (Darul Haq : 2014)

1 thought on “Wahai Suami, Bantulah Anggota Keluarga Dalam Pekerjaan Rumah”

Leave a Comment