wahai suami
DASAR ISLAM, KELUARGA

Wahai Suami, Luangkan Waktumu Lebih Banyak Dirumah !!

Alomuslim.com – Bagi wanita atau seorang istri, rumah merupakan benteng pelindung dari berbagai kemaksiatan dan keburukan yang ada diluar rumah. Sehingga dalam syariat Islam, wanita diperintahkan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Namun bagi Suami, sebagian besar orang-orang beranggapan bahwa kewajibannya adalah berada di luar rumah, untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Jika ia tidak mendapatkan tempat tujuan kemana harus pergi, maka baru ia akan pulang. Sungguh ini pendapat yang kurang tepat.

Jika keluarnya seorang suami dari rumah dalam rangka ketaatan, seperti dengan tujuan untuk mencari nafkah, menuntut ilmu agama dan yang semisalnya, maka hendaknya ia bisa menjaga keseimbangan antara waktu diluar rumah dengan di dalam rumah. Tetapi jika keluarnya dalam rangka untuk bermaksiat, menghabiskan waktu secara sia-sia atau berlebihan dalam urusan kesibukan dunia, maka hendaklah ia mengurangi yang demikian.

Sungguh, alangkah kejinya para suami yang menyia-nyiakan keluarga mereka dengan malah asik menghabiskan waktunya mengobrol bersama rekan bisnis, atau teman tongkrongan, begadang di warung-warung atau café, membicarakan berbagai hal bahkan hingga membuka aib keluarganya.

Janganlah Anda para suami, membeo dengan kebudayaan orang-orang diluar Islam, yang mencontohkan hal demikian. Karena sejatinya mereka hendak menjauhkan anda dari akhlak mulia sebagai seorang suami.

Wahai para suami, sungguh rumahmu merupakan tempat terbaik untuk menjaga diri dan keselamatan dari berbagai kejahatan dan menolak dari bahaya manusia lain. Rumahmu akan melindungi dirimu ketika terjadi fitnah. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Beruntunglah orang yang menguasai lisannya, dan rumahnya melapangkannya, serta menangisi kesalahannya.” (hasan. HR. Ath Thabari)

Referensi :40 Nasihat Memperbaiki Rumah Tangga, Syaikh Dr. Muhammad bin Shalih al-Munajjid (Darul Haq : 2014)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *