Wanita Paling Mulia Sejagat Raya

wanita paling mulia sejagat raya

Khadijah Binti Khuwailid Radhiallahu Anha Wanita Paling Mulia Sejagat Raya – Salah satu fenomena yang menjangkiti pemuda dan pemudi Islam pada masa sekarang ini adalah betapa luar biasa mereka mengidolakan artis, olahragawan ataupun para tokoh terkenal dari dunia hiburan. Hal ini terjadi karena kuatnya pengaruh budaya yang menyerang dunia Islam, yang disebarkan oleh musuh-musuh Islam untuk menghancurkan kekuatan Islam dari dalam.

Sehingga para pemuda dan pemudi Islam jauh dari mengenal sejarah kehebatan Islam dan orang-orang yang telah memperjuangkannya.

Sekarang ini kalau ditanyakan kepada para pemuda dan pemudi Islam tentang siapakah atlet sepakbola paling hebat? Siapakah aktris wanita paling cantik? Atau grup penyanyi apakah yang paling hits? Mungkin, sebagian mereka akan sigap menjawabnya, bahkan bisa memberikan jawaban sampai panjang lebar hingga setiap seluk-beluk mengenai tokoh tersebut.

Baca Juga : Seorang Guru Dan Tabib Wanita

Tetapi jika dipertanyakan mengenai siapa sajakah nama istri-istri baginda Nabi ? Sebagian besar mereka kesulitan memberikan jawaban. Kalaupun mereka tahu, terkadang hanya sebatas nama-nama saja. Sungguh menyedihkan kondisi yang menimpa pemuda dan pemudia Islam sekarang ini. Bagaimana mungkin mereka mau mengambil hikmah dan pembelajaran dari perjuangan para istri baginda Nabi ? sementara nama-namanya saja tidak mereka kenal.

Padahal Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menyebutkan bahwa istri-istri Nabi  merupakan ibu bagi seluruh kaum mukmin. Allah  berfirman :

ٱلنَّبِيُّ أَوۡلَىٰ بِٱلۡمُؤۡمِنِينَ مِنۡ أَنفُسِهِمۡۖ وَأَزۡوَٰجُهُۥٓ أُمَّهَٰتُهُمۡۗ ٦

“Nabi itu lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri dan istri-istrinya adalah ibu-ibu mereka” (QS. Al Ahzab : 6)

Mungkin, kalau disebut nama Khadijah radhiallahu anha, setiap umat muslim pasti tahu dan mengenalnya. Karena ia adalah istri baginda Nabi  yang pertama, sehingga setiap umat muslim pasti mengetahuinya. Dialah wanita yang pertama kali memeluk Islam, dialah wanita pertama yang dijamin masuk surga, dan dialah wanita yang selalu mendukung dakwah baginda Nabi  dengan seluruh jiwa, raga dan hartanya. Serta masih banyak keutamaan yang dimiliki oleh ibunda Khadijah radhiallahu anha.

Identitas dan Keutamaan

Dia merupakan ummul mukminin (ibunda kaum mukmin) dan wanita paling mulia sejagat raya. Namanya adalah Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul ‘Uzza bin Qushai bin Kilab. Lahir di Ummul Qura (Makkah), sekitar 15 tahun sebelum tahun gajah. Ia merupakan wanita keturunan suku Quraisy dari keluarga bani Asad.

Pada masa jahiliyah, ummul mukminin Khadijah radhiallahu anha dijuluki Ath Thahirah (wanita suci) karena pandai dalam menjaga kesuciannya. Karena sebelum menikah dengan baginda Nabi , ia merupakan salah satu wanita pemuka suku Quraisy, sehingga banyak sekali pembesar-pembesar Quraisy yang tertarik untuk meminangnya. Namun ia menolaknya dan lebih memilih menyendiri serta melindungi dirinya dari perbuatan-perbuatan tercela.

Ibunya bernama Fatimah binti Za’idah Al Amiriyah. Khadijah radhiallahu anha selama hidupnya pernah beberapa kali menikah. Suami pertamanya adalah Abu Halah bin Zurarah At Tamimi, yang meninggal dan memberinya seorang putra bernama, Hindun. Kemudian, ia menikah lagi dengan ‘Atiq bin ‘Abid bin Abdullah bin Umar bin Makhzum, namun pernikahan inipun tidak berlangsung lama.

Kemudian menikahlah dengan baginda Nabi , yang kala itu masih berusia 25 tahun dan belum mendapatkan wahyu risalah Islam, sedangkan usia ibunda Khadijah radhiallahu anha lebih tua 15 tahun dari baginda Nabi .

Keutamaan-keutamaan ibunda Khadijah radhiallahu anha sangat banyak, beberapa diantaranya ia merupakan istri yang paling disayangi oleh baginda Nabi  dan paling utama diantara istri-istri yang lainnya. Seperti yang pernah disampaikan oleh salah satu istri baginda Nabi , ‘Aisyah radhiallahu anha :

“Aku tidak pernah cemburu kepada seorang wanita seperti kecemburuanku kepada Khadijah, karena Rasulullah sangat sering menyebut-nyebutnya…” (HR. Bukhari no. 3817, Muslim no. 2435)

Keutamaan lainnya yakni, ia merupakan wanita pertama yang beriman, dan ini merupakan keutamaan yang paling utama. Rasulullah  pernah mengabarkan bahwa ibunda Khadijah radhiallahu anha merupakan wanita terbaik di dunia dan akhirat.  Dari Ali radhiallahu anhu, Nabi  bersabda :

“Wanita terbaik yang pernah ada ialah Maryam putri Imran dan Khadijah.” (HR. Bukhari no. 3432, Muslim no. 2430.

Dalam riwayat dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu, Rasulullah  bersabda :

“Wanita-wanita yang paling utama sebagai penduduk surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, Asiyah binti Muzahim (Istri Fir’aun) dan Maryam binti ‘Imran.” (HR. Ahmad, 1:293)

Semoga mejadi pembelajaran untuk lebih mengenal ibunda Khadijah dan para wanita bisa menjadikannya sebagai teladan.

Wallahu Ta’ala ‘Alam Bishawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *