Wudhu, Amalan Penghapus Dosa Anggota Badan – Alomuslim

Wudhu, Amalan Penghapus Dosa Anggota Badan

Wudhu, Amalan Penghapus Dosa Anggota Badan

Wudhu, Amalan Penghapus Dosa Anggota Badan – Wudhu secara etimologi dalam bahasa arab diambil dari asal kata a wadha’ah, yang berarti kebersihan dan kecerahan. Sementara secara terminologi, wudhu adalah menggunakan air pada tempat-tempat tertentu (wajah, kedua tangan, kepala dan dua kaki) untuk menghilangkan sesuatu yang menghalangi sahnya sholat.

Wudhu menjadi syarat sahnya ibadah sholat sebagaimana firman Allah ﷻ dalam Al Qur’an surat Al Maidah ayat ke 6 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ 

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.”

Dan berdasarkan hadits dari Ibnu Umar radhiallahu anhu, dia berkata, Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda : “Allah tidak menerima sholat tanpa bersuci, dan sedekah dari hasil kecurangan/khianat.”

Baca Juga : Thaharah Sebagai Aktualisasi Islam

Sebagian umat muslim mungkin belum memahami bahwa wudhu ternyata memiliki banyak keutamaan, bukan hanya sebatas syarat sah untuk melaksanakan ibadah sholat semata, diantara beberapa keutamaan wudhu adalah berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, yang menjelaskan tentang keutamaan orang-orang yang banyak berwudhu, beliau berkata :

“Saya telah mendengar Rasulullah bersabda ; ‘Sesungguhnya umatku akan datang pada hari kiamat dengan wajah, tangan dan kaki yang putih bersinar karena bekas wudhu.’ Maka barang siapa diantara kalian yang mampu memanjangkan putih sinarnya, maka lakukanlah.” (HR. Bukhari 1/46, Muslim 1/216)

Dalam riwayat yang lain Abu Hurairah menyampaikan, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda : “Apabila seorang hamba Muslim – atau Mukmin- berwudhu, ketika dia membasuh wajahnya, maka keluarlah dari wajahnya semua dosa yang pernah dia lihat dengan kedua matanya bersama air atau bersama tetesan air yang terakhir.

Apabila ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dari kedua tangannya semua dosa yang dia kerjakan dengan kedua tangannya bersama air atau bersama tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah semua dosa yang kedua kakinya pernah berjalan menuju padanya bersama air atau bersama tetesan air yang terakhir hingga ia keluar dalam keadaan bersih dari semua dosa.” (HR. Muslim)

Hadits diatas menjelaskan bahwa semakin sering seseorang berwudhu maka akan terhapus darinya dosa-dosa yang pernah diperbuat oleh anggota tubuhnya, tentunya dosa-dosa yang dihapuskan darinya adalah dosa-dosa kecil. Semoga kaum muslimin  dimudahkan untuk mengamalkannya.

Referensi :

  • Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin as Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)
  • Riyadhus Shalihin, Imam An Nawawi (Darul Haq : 2017)
  • Bulughul Maram, Al Hafizh Ibnu Hajar al Asqalani (Darul Haq : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *