Yang Boleh Dan Tidak Boleh Seputar Pemanfaatan Hewan Kurban
DASAR ISLAM, MAKANAN

Yang Boleh Dan Tidak Boleh Seputar Pemanfaatan Hewan Kurban

Alomuslim.com Orang-orang yang berkurban bisa memanfaatkan hewan kurbannya sebagai berikut :

  1. Memakan sebagian daging
  2. Menyedekahkan sebagiannya kepada fakir miskin
  3. Menyimpan dagingnya

Hal ini sebagaimana firman Allah Subahanahu wa Ta’ala :

“supaya mereka mempersaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.” (QS. Al Hajj : 28)

Perintah memakan, menyedekahkan dan menyimpan daging kurban disini menurut para ulama adalah hukumnya sunnah bukan wajib. Sehingga disunnahkan bagi orang yang berkurban untuk memakan daging hewan kurbannya, menyimpannya untuk keperluan keluarganya dan memberikan sebagiannya kepada fakir miskin.

Hal yang dilarang

Namun ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan terkait dengan pemanfaatn daging hewan kurban, antara lain :

  1. Tidak boleh menjual sesuatu dari hewan kurban sedikitpun, baik itu kulit, bulu, rambut, daging, tulang ataupun yang lainnya. Karena hartaharta yang telah di khususkan untuk beribadah, maka tidak boleh bagi pemiliknya untuk menjualnya.
  2. Tidak boleh memberi upah tukang jagal (penyembelih) dengan binatang kurban, karena hal itu seakan-akan menjadikan hewan kurban sebagai imbalan. Upah untuk tukang jagal sebaiknya diambil dari harta pribadinya. Namun, ia dibolehkan untuk memberikan sedekah kepada tukang jagal tersebut.

Wallahu a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *