zakat hewan ternak
DASAR ISLAM, ZAKAT

Zakat Hewan Ternak

Alomuslim.com – Para ulama telah sepakat bahwa zakat diwajibkan pada beberapa hewan ternak, seperti unta, sapi dan kambing. Namun para ulama berbeda pendapat mengenai jenis hewan ternak selain yang tiga tersebut, seperti kuda atau keledai dan yang lainnya.

Mayoritas ulama berpendapat bahwa tidak ada kewajiban zakat pada kuda yang tidak diperjual belikan, sekalipun ia diternak dan berkembang biak, baik digunakan untuk bekerja ataupun tidak. Demikian halnya dengan jenis hewan lainnya, ia tidak dikenakan zakat hewan ternak tetapi dapat dimasukkan dalam kewajiban zakat penghasilan setelah diperjual belikan. Karena jenis hewan ternak yang wajib dizakati hanya tiga jenis saja, yakni unta, sapi dan kambing.

Pembagian Hewan Ternak

  • Sa’imah (dikembang biakkan), yaitu yang digembalakan di pada rumput yang diperbolehkan dan gratis dalam sebagian besar waktu satu tahu, siap diperas susunya dan beranak pinak. Inilah yang dikenakan kewajiban zakat.
  • Ma’lufah (digemukkan), sekalipun ia diambil susunya dan dikembang biakkan, hanya saja pemilik membelikan makanan untuk hewan ternaknya, maka yang seperti ini tidak dikenakan kewajiban zakat.
  • Amilah (diepekerjakan), seperti sapi yang digunakan untuk membajak sawah, menarik pedati, maka ia tidak dikenakan kewajiban zakat, sesuai dengan pendapat mayoritas ulama.
  • Mu’addah litijarah (diperdagangkan), hewan yang demikian dikenakan wajib zakat sebagaimana barang-barang dagangan lainnya. Dan untuk jenis perhitungannya berbeda dengan zakat hewan ternak, tetapi mengikuti perhitungan zakat barang dagangan

Syarat Wajib Zakat Hewan Ternak

  1. Mencapai nisab, pembahasan mengenai hal ini insyaa Allah akan disampaikan dalam artikel terpisah.
  2. Mencapai haul, yakni jumlahnya tetap sesuai nisab atau lebih setelah berlalu satu tahun.
  3. Hewan yang diambil susu dan digembalakan di padang rumput, yang termasuk dalam kategori sa’imah (dikembang biakan)

Referensi :

  • Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)
  • Panduan Zakat Hewan Ternak, Muhammad Abduh Tuasikal, MSc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *